Tips and Trik Belajar SNBT (UTBK) 2023

SNBT ini adalah nama baru untuk UTBK atau istilah lain dari SBMPTN, UTBK (Ujian Tulis Berbasik Komputer) ini adalah salah satu jalur seleksi untuk masuk PTN yang bisa kamu ikuti dengan melalui tes. Berbeda dengan tahun-tahun sebelumnya, untuk tahun 2023 UTBK-SBMPTN sudah berganti nama menjadi SNBT atau Seleksi Nasional Berbasis Tes.

Momen untuk seleksi masuk Perguruan Tinggi dengan seleksi nasional dibuka setiap tahunnya, namun persaingan yang sangat ketat membuat para pendaftar secara keseluruhan tidak bisa semua diterima. Buat kamu yang saat ini duduk di bangku sekolah menengah atas dan berencana meneruskan studi ke Perguruan Tinggi Negeri, yuk ikuti tips dan cara dari Sang Juara School agar persiapan kamu lebih maksimal.

Tips and Trik Belajar SNBT (UTBK) 2023

a. Mencoba Melatih Diri dengan Mengikuti Try Out SNBT (UTBK) 2023

Hal pertama yang perlu kamu coba yaitu dengan mengasah diri untuk mengikuti Try Out atau mengerjakan soal latihan SNBT (UTBK). Try Out UTBK sendiri bisa memberikan gambaran dan juga menunjukan dimana posisimu jika dibandingkan dengan calon peserta UTBK lainnya yang jumlahnya mencapai ratusan ribu. Jika dikerjakan dengan sungguh-sungguh try out tersebut bisa menciptakan kesadaran diri terhadap materi dan juga soal ujian yang menjadi kekuatan serta kelemahanmu. Setelah beberapa kali mengikuti Try Out UTBK kamu akan mengetahui dimana yang menjadi kekuatan dan juga kelemahanmu dalam mengerjakan soal.

b. Membuat Jadwal Review Materi

Membuat jadwal belajar sangat penting agar kamu bisa belajar secara teratur dan efektif, tidak membuang-buang energi, dan juga wajtu kamu. Coba breakdown  topik yang perlu kamu pelajari lebih dalam. Lalu lihat waktu yang tersisa, sehingga kamu bisa membagi target belajar harian sesuai topik yang perlu kamu pelajari.

c. Membangun Kebiasaan Belajar Efektif

Bangun kebiasaan belajar efektif. Yang penting kualitasnya bukan kuantitas. Kalo belajarnya kelewat berat, nanti malah gak enjoy dan gak konsisten. Kecil-kecil aja dulu sampe bisa teratur. Pelajari cara belajar efektif. Kalau habis ngerjain soal dan salah, kamu petain lagi, konsep-konsep apa yang belum kamu kuasai. Terus pelajarin ulang konsep itu biar pengetahuan di otak kamu terstruktur.

d. Coba Untuk Menetukan Target PTN untuk SNBT 2023

Coba untuk menentukan target terlebih dahulu, dengan adanya target kita bisa memiliki semangat dan bisa digunakan untuk mengukur sejauh mana belajar kita. Kita bisa lihat rasionalisasi jurusan dan memprediksi skor kita nih kira-kira udah mendekati aman belum. Kalau nggak mengukur diri, nanti kita santai-santai waktu malah ilang.

e. Menerapkan Self-Reward

Self-reward adalah salah satu cara yang efektif untuk memotivasi diri sendiri dalam belajar. Dengan memberikan reward atau hadiah untuk diri sendiri setelah berhasil menyelesaikan suatu tugas atau mencapai tujuan tertentu, kamu dapat memperoleh kepuasan dan motivasi yang lebih tinggi dalam belajar. Reward bisa berupa apa saja, misalnya makan makanan favorit, menonton film, atau membeli barang yang diinginkan. Namun, penting untuk diingat bahwa reward yang diberikan haruslah realistis dan tidak mengganggu produktivitas belajar. Misalnya, jangan memberikan reward dengan bermain game selama berjam-jam setelah menyelesaikan satu bab materi. Hal ini justru akan mengganggu konsentrasi dan menghambat produktivitas belajar.

Siapkan diri kamu menjadi generasi dokter hebat di masa depan bersama Sang Juara School!

Layanan yang kami berikan:

  • Pendaftaran universitas
  • Kelas seleksi PTN
  • Kelas Mandiri
  • Kelas SNBT

Dengan persaingan yang ketat pastinya membuat para calon mahasiswa menjadi takut dengan hasil yang kurang memuaskan, tapi tenang Sang Juara memiliki program intensif persiapan SNBT yang membuat kamu bisa dengan baik dalam mengerjakan soal dan kamu bisa mendapatkan info lengkapnya disini https://sangjuaraschool.com/snbt/

———————————–⠀
SANG JUARA SCHOOL
———————————–

Konfirmasi pendaftaran dan Info lebih detail
Admin Kursus Bahasa: 0857 3041 4051

Alamat Kantor Pusat : Jl Sutorejo Prima Utara PY 12/6A Mulyorejo Surabaya

https://sangjuaraschool.com/

Follow instagram kami
@sangjuaraschool
@studyabroad.sjs

Sang Juara School / PT. Juara Edukasi Muda.

Referensi

https://snpmb.bppp.kemdikbud.go.id/?mid=9.

https://www.detik.com/edu/perguruan-tinggi/d-6498802/7-subtes-materi-utbk-snbt-2023-siswa-wajib-cek-nih.

https://www.liputan6.com/citizen6/read/5244532/persiapan-penting-utbk-snbt-2023-dan-3-jurus-belajar-anti-bosan.

Leave a Reply