Terapkan metode SQ3R ini, Dijamin Belajar Kamu Lebih Efektif

Metode SQ3R

Metode membaca SQ3R adalah singkatan dari Survey, Question, Read, Recall, dan Review, dimana metode SQ3R ini digunakan untuk kepentingan membaca secara intensif serta rasional karena metode ini sangat sistematis dan bersifat praktik. Jika sebelumnya membaca buku dinilai sangat membosankan dan hampir kita senditi tidak memahami isi dari buku maka dengan menerapkan metode ini para pembaca akan dituntut untuk membaca secara efektif dan efesien agar bisa mengambil pelajaran atau pengetahuan dari buku yang sedang dibaca. Berikut 5 langkah menggunakan metode SQ3R :

  • Survey (Penelaahan dan pendahuluan).
  • Question (Bertanya).
  • Read (Baca).
  • Recall /Recite (mengutarakan).
  • Review (Mengulas)

Cara Menerapkan Metode SQ3R

1.Survey (Pendahuluan)

Siapkan buku yang ingin dipelajari tentunya kamu harus tertarik dengan buku yang akan kamu baca, hal tersebut penting untuk membangun rasa penasaran atas dirimu dari buku yang kamu baca.  Kamu bisa membaca bagian sinopsis bagian belakang buku, kamu juga bisa tertarik hanya dengan membaca judul, sub judul, hingga daftar isi. Mahasiswa kadang tidak paham dengan penjelasan dosen saat kegiatan PBM, ada beberapa point penting yang perlu untuk ditekankan dosen dalam membuatmu ingin mencari tahu point tersebut. Dengan begitu tujuanmu untuk membaca buku menjadi lebih jelas karena kamu tidak membaca untuk menambah wawasan tapi untuk mencari solusi masalah.

2. Question (Bertanya)

Pertanyaan disini tidak harus datang dari dirimu, seperti yang sudah dijelaskan pada langkah sebelumnya jika ada dosen yang meminta mahasiswa untuk mencari solusi masalah dari topik masalah yang sedang dibahas saat perkuliahan. Maka dengan modal pertanyaan tersebut kamu tidak perlu lagi membaca seluruh isi buku, kamu hanya perlu membaca bagian yang memang kamu perlukan, solusi masalah apa yang kamu butuhkan.

3. Recall (mengutarakan)

Setelah menemukan jawaban dari pertanyaan yang sudah kamu buat langkah selanjutnya yaitu membaca ulang pertanyaan dan juga jawaban yang sudah di rangkum, hal ini menjadi bukti bahwasannya kamu sudah paham  dengan buku yang sudah kamu baca adalah kamu tidak perlu lagi membuka buku untuk menjawab pertanyaan yang sudah kamu susun tadi.

4. Review (Mengulas)

Langkah terakhir adalah review, saat kamu sudah selesai membaca buku kamu perlu mereview atau mengulas seluruh pertanyaan dan jawaban yang telah kamu rangkum. Kamu bisa melakukan review ini berkali-kali untuk membantumu untuk mengingat setiap informasi tadi.

Manfaat Metode SQ3R

1. Survey terhadap bacaan juga memungkinkan para pembaca dalam menentukan bacaan tersebut sudah sesuai atau tidak dengan keperluan yang ada. Jika memang bacaan tersebut diperlukan maka pembaca juga akan meneruskan kegiatan membacanya. Jika tidak, pembaca yang akan mencari bahan lain yang sesuai dengan kebutuhannya.

2. Metode SQ3R memberi kesempatan kepada para pembaca untuk berlaku fleksibel artinya pengaturan kecepatan membaca untuk setiap bagian bahan bacaan tidaklah harus sama. Pembaca akan memperlambat tempo bacaannya jika menemukan hal-hal yang reletif baru baginya, hal-hal yang memerlukan pemikiran untuk memahaminya, atau mungkin bagian-bagian bacaan yang berisi informasi yang diperlukan pembaca.

3. Penerapan metode SQ3R dalam pembelajaran akan menghasilkan pemahaman yang komprehensif, bukan ingatan. Pemahaman yang komprehensif akan bertahan lebih lama tersimpan di dalam otak, daripada sekedar mengingat fakta.

4. Metode SQ3R dapat meningkatkan pencapaian hasil belajar dengan efektif dan efisien apabila dibandingkan dengan belajar tanpa metode pertama, kamu terlatih fokus pada hal yang tengah kamu kerjakan. Dengan terlatih fokus itu, kamu bisa mengerjakan atau melakukan apapun dengan cepat dan sempurna.

Kelebihan dan Kelemahan Metode SQ3R

Kelebihan

  1. Diarahkan agar terbiasa untuk berpikir terhadap bahan bacaan sehingga menjadi lebih aktif dan juga terlatih di dalam membuat pertanyaan.
  2. Berusaha untuk memikirkan jawaban dari setiap pertanyaan guna mendalami isi dari bacaan atau teks tersebut.
  3. Bisa bekerjasama di dalam kelompok untuk saling bertukar pendapat guna memahami setiap konsep materi yang disajikan dalam uraian teks.

Kelemahan

  1. Sulit untuk dikondisikan saat berdiskusi dengan teman sebangkunya di dalam mempelajari teks materi pelajaran.
  2. Tidak efektif dilaksanakan pada kelas dengan jumlah yang terlalu besar karena bimbingan guru tidak maksimal terutama dalam merumuskan pertanyaan.
  3. Kurang mudah dipahami.

Yuk siapkan diri kamu mengikuti seleksi masuk perguruan tinggi bersama Sang Juara School!

Layanan yang kami berikan:

  • Pendaftaran universitas
  • Kelas seleksi PTN
  • Kelas bahasa
  • Kelas SNBT
  • Kelas Kedokteran

Simak infromasi lengkapnya disini https://sangjuaraschool.com/

———————————–⠀
SANG JUARA SCHOOL
———————————–

Konfirmasi pendaftaran dan Info lebih detail
Admin Kursus Bahasa: 0857 3041 4051

Alamat Kantor Pusat : Jl Sutorejo Prima Utara PY 12/6A Mulyorejo Surabaya

https://sangjuaraschool.com/

Follow instagram kami
@sangjuaraschool
@studyabroad.sjs

Sang Juara School / PT. Juara Edukasi Muda.

Referensi

Binus. https://sis.binus.ac.id/2021/10/01/mengenal-teknik-sq3r-untuk-belajar/

https://media.ikopin.ac.id/artikel/10-alasan-memilih-jurusan-manajemen-favorit-se-indonesia

https://teknik.unpas.ac.id/blogs/metode-membaca-sq3r-dan-cara-menerapkannya/

Leave a Reply