Ilmu yang Dipelajari Hingga Prospek Kerja Jurusan Manajemen

Seputar Ilmu Manajemen dan Jurusan Manajemen

Manajemen merupakan ilmu yang mempelajari bagaimana cara untuk mengatur, mengelola, merencanakan, dan juga ilmu yang digunakan untuk membagi tugas agar mampu mencapai tujuan serta target di sebuah perusahaan. Ilmu manajemen ini mempelajari tentang bagaimana cara dan juga metode apa yang digunakan dalam mengelola organisasi atau perusahaan menjadi lebih baik. Ilmu manajemen sendiri memiliki cakupan ilmu yang luas terdiri dari konsentrasi yang disesuaikan dengan minat para mahasiswa, contohnya pada sumber daya manusia, manajemen bisnis, keuangan, pemasaran.

Dari mahasiswa jurusan manajemen juga mempelajari tentang bagaimana cara mereka untuk bisa memahami serta menggunakan sumber daya yang ada guna mencapai tujuan bersama. Manajemen merupakan program studi yang mempelajari tentang bagaimana cara untuk mengelola suatu perusahaan atau organisasi, manajemen juga termasuk ke dalam bidang bisnis dan ekonomi, namun lebih fokus pada kegiatan untuk mengelola, merencanakan, dan juga mengatur semua proses di dalam perusahaan untuk mencapai tujuan.

Alasan Memilih Jurusan Manajemen

1.Meningkatkan kemampuan berorganisasi

Jurusan Manajemen menawarkan beragam pilihan mata kuliah yang mengharuskan mahasiswanya terbiasa mengelola manajemen proyek, baik secara administratif maupun perencanaan. Dari hal tersebut, kemampuan berorganisasi dalam diri akan terbentuk. Dalam bidang manajemen, kemampuan ini sangat diperlukan untuk menunjang peran di dunia kerja.

2. Melatih kepemimpinan

Berkuliah di Jurusan Manajemen, kamu akan mempelajari cara mengelola suatu usaha, mulai dari bahan baku hingga SDM. Mempelajari pengelolaan SDM membuatmu memahami bagaimana cara mengarahkan karyawan dan memimpin usaha maupun organisasi. Dengan kebiasaan tersebut, kemampuan kepemimpinanmu akan semakin terasah. Kamu akan memiliki jiwa kepemimpinan tinggi, bertanggung jawab, dan berani mengambil risiko.

3. Menjadi pribadi yang berkualitas

Jurusan Manajemen juga menyiapkan untuk para mahasiswanya bisa mengembangkan diri mengembangkan diri menjadi individu yang berintegritas dan juga memiliki kemampuan komunikasi, analisis, kerja sama tim, dan juga penyelesaian masalah yang baik. Pada jurusan ini kamu akan belajar untuk menjalankan tanggung jawab dalam mengelola sebuah organisasi.

Ilmu-ilmu yang Dipelajari Mahasiswa Jurusan Manajemen

  1. Metode penyusunan rencana, pengorganisasian, penyusunan struktur organisasi, leadership, hingga controlling.
  2. Tugas dan tanggung jawab manajemen fungsional, mencakup manajemen operasional, keuangan, SDM, dan pemasaran, yang terkait dengan kewirausahaan.
  3. Pemecahan masalah pada proses operasional dan manajerial, penyusunan alternatif keputusan, dan penyusunan perencanaan dengan teknologi informasi.
  4. Perencanaan bisnis.
  5. Pengumpulan, pemrosesan, dan analisis data dari penelitian.
  6. Teori, konsep, metode, dan alat analisis keahlian manajerial diberbagai cabang konsentrasi manajemen.

Prospek Kerja Mahasiswa Jurusan Manajemen

1.Banker

Prospek kerja manajemen selanjutnya adalah banker. Ingat, salah satu peminatan jurusan ini adalah perbankan. Kamu bisa kerja di bagian front office seperti customer service atau teller. Keduanya bertugas bertemu langsung dengan nasabah dan melayani mereka. Ada juga pilihan untuk kerja di bagian back office bank. Pekerjaan ini biasanya mengecek berbagai transaksi yang terjadi, dan melakukan tugas lainnya.

2.Entrepreneur

ilmu manajemen bisa membantumu jadi entrepreneur yang baik. Sebab, kamu sudah menguasai manajemen risiko, keuangan, bahkan belajar soal operasional.

3. Financial analyst

Prospek kerja berikutnya yang bisa dijajal oleh lulusan studi manajemen adalah sebagai financial analyst. Sesuai nama profesinya, tanggung jawab utamamu adalah untuk menganalisis dan memberikan nasihat terkait kondisi keuangan milik klien,  disini kamu akan bertugas untuk melakukan pemodelan keuangan. Maka dari itu, kamu wajib memiliki kemampuan analisis dan riset yang kuat. Selain itu, kamu juga akan berkolaborasi bersama staf akuntansi untuk memastikan bahwa laporan keuangan yang dibuat akurat.

4. Risk manager

Risk manager merupakan salah satu prospek kerja yang menarik bagi lulusan manajemen. Tugasmu dalam profesi ini adalah untuk menganalisis jenis risiko yang akan mengganggu jalannya proses bisnis perusahaan. Selain itu, kamu juga perlu membuat strategi dan inisiatif untuk mencegah terjadinya risiko tersebut. Pekerjaan satu ini bernaung di bawah divisi anti money laundering (AML), bukan manajemen ataupun finance.

5. Business manager

Prospek kerja yang biasanya menjadi incaran utama lulusan studi manajemen adalah sebagai business manager. Di sini, tugasmu adalah untuk mengawasi dan mengelola kinerja karyawan di dalam divisi bisnis dan manajemen. Pada perusahaan yang lebih besar, business manager juga berperan untuk mengevaluasi dan menilai kualitas kerja para karyawan.

6. Social media manager

Social media manager bertanggung jawab untuk merencanakan, mengembangkan, menerapkan, dan mengelola strategi untuk akun media sosial suatu perusahaan. Social media manager juga merupakan prospek kerja lulusan manajemen yang menjanjikan.

7. Marketing manager

Marketing manager bertanggung jawab atas departemen pemasaran, prospek kerja lulusan manajemen satu ini bertugas mengawasi informasi, kampanye, hingga anggaran di departemen pemasaran.

8. Operations Manager

Operations manager mengawasi kegiatan operasional suatu perusahaan, setiap perusahaan memiliki bidang bisnis yang berbeda, seperti perusahaan farmasi akan berbeda operasionalnya dengan perusahaan transportasi.

9. Finance Manager

Finance manager bertugas mengawasi operasional keuangan, memantau keuangan, dan merencanakan investasi perusahaan. 

10. Production Manager

Production manager bertugas untuk membuat jadwal produksi, meninjau produktivitas, dan memastikan proses produksi berjalan tepat dan lancar.

Ingin Masuk Jurusan Manajemen?, Yuk siapakan diri kamu mulai sekarang bersaa dengan  Sang Juara School!

Layanan yang kami berikan:

  • Konsultasi
  • Pendaftaran universitas
  • Kelas seleksi PTN
  • Kelas bahasa
  • Kelas SNBT
  • Konsultasi SNBPT
  • Kelas seleksi mandiri

Program Bimbingan Persiapan Seleksi PTN ada disini https://sangjuaraschool.com/snbt/

———————————–⠀
SANG JUARA SCHOOL
———————————–

Konfirmasi pendaftaran dan Info lebih detail
Admin Kursus Bahasa: 0857 3041 4051

Alamat Kantor Pusat : Jl Sutorejo Prima Utara PY 12/6A Mulyorejo Surabaya

https://sangjuaraschool.com/

Follow instagram kami
@sangjuaraschool
@studyabroad.sjs

Sang Juara School / PT. Juara Edukasi Muda

Referensi

Glints. https://glints.com/id/lowongan/prospek-karier-kuliah-manajemen/#.ZHGNiqXP25c

Kwikkiangie. https://kwikkiangie.ac.id/home/2022/07/05/hal-hal-yang-dipelajari-dalam-jurusan-ilmu-manajemen/

https://akupintar.id/info-pintar/-/blogs/ketahui-ini-sebelum-kuliah-manajemen

Leave a Reply