Mengenal STOVIA, Sekolah Kedokteran Pertama di Indonesia

Halaman depan STOVIA

Sejarah Pendirian STOVIA

Siapa di sini yang masih belum tahu sekolah kedokteran pertama di Indonesia ?, Jadi  School tot Opleiding van Inlandsche Artsen (Sekolah Pendidikan Dokter Bumiputra) atau yang sering disebut dengan STOVIA merupakan sekolah untuk pendidikan dokter pribumi di Batavia pada zaman kolonial Hindia Belanda dan saat ini menjadi Fakultas Kedokteran Universitas Indonesia.

STOVIA didirikan pada tahun 1851 yang berlokasi di sebelah rumah sakit militer, STOVIA tidak membutuhkan biaya, memberikan peralatan kuliah gratis, seragam gratis dan juga beasiswa 15 gulden setiap bulannya untuk menarik perhatian kaum pribumi untuk bersekolah disini.

Pada tahun 1889 namanya berubah menjadi School tot Opleiding van Inlandsche Geneeskundigen (Sekolah Pendidikan Ahli Ilmu Kedokteran Pribumi), lalu di tahun 189 diubah lagi menjadi School tot Opleiding van Inlandsche Artsen (atau Sekolah Dokter Pribumi). Dan pada akhirnya di tahun 1913 diubahlah kata Inlandsche (pribumi) menjadi Indische (Hindia) karena sekolah ini kemudian dibuka untuk siapa saja, termasuk penduduk keturunan  Timur Asing dan Eropa, sedangkan sebelumnya hanya untuk penduduk pribumi.

Kurangnya tenaga kesehatan dalam menghadapi berbagai macam penyakit berbahaya di wilayah jajahannya, membuat pemerintah kolonial menetapkan perlunya dilaksanakan pelatihan atau kursus dalam hal kesehatan di Hindia Belanda. Pada 2 Januari 1849, dikeluarkan Surat Keputusan Gubernemen no. 22 membahas hal ini dengan menetapkan tempat pendidikan nya di Rumah Sakit Militer (sekarang menjadi RSPAD Gatot Subroto) di kawasan Weltevreden Batavia.

Tanggal 5 Juni 1853, kegiatan kursus untuk juru kesehatan ditingkatkan kualitasnya dengan melalui Surat Keputusan Gubernemen dan menjadi Sekolah Djawa dengan masa pendidikan yaitu tiga tahun. Lulusannya berhak bergelar “Doktoer DJawa”, namun sebagian dari pekerjaanya yaitu sebagai mantri cacar.

Pada akhir abad ke-19, Belanda mengalami perubahan kebijakan dengan penerapan politik etis yang memiliki tujuan dalam menciptakan kesetaraan kepada warga pribumi atau rakyat Indonesia saat itu. Kebijakan tersebut sudah mencakup ke dalam tiga bidang yaitu diantaranya irigasi, edukasi, dan juga emigrasi. Salah satu bidangnya, yaitu edukasi yang membuka kesempatan untuk para warga pribumi dalam menempuh pendidikan. Wabah penyakit yang sudah tersebar di Pulau Jawa, namun biaya untuk mendatangkan dokter Eropa membutuhkan biaya yang mahal, maka dengan kondisi ini menyebabkan munculnya pemikiran dalam memberikan pendidikan kaum pribumi menjadi mantri.

Para akademisi STOVIA Tahun 1916

Halaman STOVIA

Komplek kampus sekolah kedokteran STOVIA.

Konsultasi kesehatan dari akademisi STOVIA

Perubahan Tahap Selanjutnya Dari STOVIA (Sekolah Pendidikan Dokter Bumiputra)

  • 2 Januari 1849 : Pemerintah kolonial mendirikan Kursus Juru Kesehatan Hindia.
  • 5 Januari 1853 : Ditingkatkan statusnya menjadi Sekolah Dokter Djawa, lulusannya sebagaian besar menjadi mantri cacar.
  • 1889 : Namanya diubah menjadi School tot Opleiding van Inlandsche Geneeskundigen (atau Sekolah Pendidikan Ahli Ilmu Kedokteran Pribumi.
  • 1898 : Diubah lagi menjadi School tot Opleiding van Inlandsche Artsen (Sekolah Dokter Pribumi).
  • 9 Agustus 1927 : Ditetapkan menjadi pendidikan tinggi dengan nama Geneeskundige Hoogeschool (Sekolah Tinggi Kedokteran).
  • 2 Februari 1950 : Berubah menjadi Fakultas Kedokteran Universitas Indonesia.

Buat kamu yang ingin melanjutkan studi pendidikan ke Jurusan Kedokteran perlu tahu, sejarah dari sekolah kedokteran di Indonesia.

Siapkan diri kamu menjadi generasi dokter hebat di masa depan bersama Sang Juara School!

Layanan yang kami berikan:

  • Pendaftaran universitas
  • Kelas seleksi PTN
  • Kelas Mandiri
  • Kelas Kedokteran

Info lengkap Program intensif kelas kedokteran Sang Juara School bisa cek disini https://sangjuaraschool.com/kedokteran/

———————————–⠀
SANG JUARA SCHOOL
———————————–

Konfirmasi pendaftaran dan Info lebih detail
Admin Kursus Bahasa: 0857 3041 4051

Alamat Kantor Pusat : Jl Sutorejo Prima Utara PY 12/6A Mulyorejo Surabaya

https://sangjuaraschool.com/

Follow instagram kami
@sangjuaraschool
@studyabroad.sjs

Sang Juara School / PT. Juara Edukasi Muda.

Referensi

https://id.wikipedia.org/wiki/School_tot_Opleiding_van_Inlandsche_Artsen. Diakes tanggal 28 April 2023.

Universitas Indonesia. https://fk.ui.ac.id/sejarah.html. Diakses tanggal 28 April 2023.

https://www.medcom.id/pendidikan/news-pendidikan/8N0addMb-sejarah-pendidikan-kedokteran-di-indonesia-dari-sekolah-dokter-jawa-hingga-stovia. Diakses tanggal 28 April 2023.

Leave a Reply