Intip Seluk Beluk Kuliah di Jurusan Akuntansi


Memilih jurusan kuliah merupakan perkara yang tidak mudah, ada sejumlah pertimbangan yang harus dipikirkan secara matang. Jurusan kuliah ini penting untuk kamu di masa depan, karena jurusan kuliah merupakan fondasi untuk bisa melewati langkah besar selanjutnya. Maka dari itu, dengan kamu belajar di jurusan yang tepat, kamu bisa lebih fokus untuk mengembangkan potensi yang dimiliki dan memahami rencana karier di masa depan.

Jurusan akuntansi sendiri adalah salah satu jurusan yang banyak diminati saat ini, kebanyakan alumni dari jurusan tersebut dinilai memiliki masa depan yang cukup cerah. Hal ini karena kebutuhan dari lulusan akuntansi memang dibutuhkan sekali di Indonesia. Maka dari itu, banyak orang yang menjadikan jurusan akuntansi menjadi jurusan dambaan. 

Jurusan akuntansi adalah bidang studi yang mempelajari mengenai metode pencatatan dan juga penyusunan laporan keuangan untuk membantu para stakeholder di dalam pengambilan keputusan. Jurusan ini adalah jurusan yang berhubungan dengan angka, khususnya yang berkaitan keuangan. Namun, mahasiswa jurusan akuntansi tidak hanya belajar mengenai cara hitung uang, namun membahas mengenai manajemen, sistem informasi, perpajakan, sampai dengan pengauditan.

Buat kamu yang ingin mengambil jurusan akuntansi, maka perlu untuk mengetahui mata kuliah jurusan akuntansi. Kamu juga perlu untuk mengetahui tentang pengetahuan dan keterampilan yang dimiliki bagi calon mahasiswa yang akan mengambil jurusan akuntansi.

5 Daftar Universitas Jurusan Akuntansi Terbaik di Indonesia

Berikut ini daftar universitas jurusan akuntansi terbaik di Indonesia tahun 2023:

* Universitas Indonesia

Dipastikan jika kamu diterima jurusan akuntansi di UI, maka kamu berada di tempat yang tepat untuk bisa menyerap berbagai ilmu dan pengalaman penting untuk karirmu di masa yang akan datang.

*Universitas Airlangga

Perguruan tinggi di Jawa Timur ini telah berdiri sejak tahun 1954 dan sekarang telah mengantongi akreditasi A. Selain itu, jurusan akuntansinya pun mendapatkan akreditasi yang sama yaitu A dari BAN PT.

*Universitas Bina Nusantara

Universitas Bina Nusantara menjadi satu-satunya perguruan tinggi swasta uang bisa masuk 3 besar dalam rangking tersebut. Selain itu, akreditasi kelembagaannya pun adalah Unggul. Akreditasi yang sama, yaitu Unggul, pun diberikan kepada jurusan akuntansinya. Jadi wajar saja bila masuk dalam 3 besar ranking ini.

*Universitas Gadjah Mada

Sebagai perguruan tinggi negeri pertama di Indonesia, hal ini juga tidaklah mengherankan. Saat perguruan tinggi lain berlomba untuk menaikkan status, UGM telah jauh melangkah sehingga jurusan akuntansinya menjadi salah satu yang terbaik di Indonesia.

* Universitas Pendidikan Indonesia

Perguruan tinggi negeri yang memang memfokuskan diri pada dunia pendidikan ini telah menelurkan banyak tenaga pengajar berkualitas. Dengan fokus tersebut, tentu hal ini akan berpengaruh pula pada bagaimana pembelajaran di jurusan-jurusan lain dilakukan. Inovasi dalam hal pendidikan yang tak pernah berhenti menghadiahkan diri mereka sendiri sebagai universitas dengan jurusan akuntansi terbaik di Indonesia peringkat 5.

Keterampilan Harus Dimiliki Calon Mahasiswa Jurusan Akuntansi

1. Kemampuan dalam Analisis Laporan Keuangan

Kemampuan untuk melakukan analisis laporan keuangan juga perlu untuk dipelajari, kemampuan ini biasanya dibutuhkan ketika melakukan presentasi mengenai laporan keuangan perusahaan. Jika kamu ingin menjadi seorang akuntan profesional kamu bisa melanjutkan pendidikan profesi akuntan setelah kamu lulus S1. Kamu bisa ambil program sertifikasi untuk tingkat kemampuan dan juga keahlian yang ingin di tempuh. Contohnya bisa ambil CPA (Certified Public Accountant) atau CMA (Certified Management Accountant).

2. Kemampuan dalam Menilai Laporan Keuangan

Tidak semua orang bisa memahami dan juga mengerti cara dalam menilai laporan keuangan. Namun, saat ini kamu perlu untuk bisa mengerti bagian-bagian yang ada di laporan keuangan perusahaan. Contohnya dari laporan neraca, arus kas, laba rugi, perubahan dari modal, dan juga laporan keuangan lain.

3. Kemampuan dalam Mengelola Keuangan

Keterampilan yang perlu dimiliki jika kamu menganmbil jurusan akuntansi yaitu kemampuan dalam mengelola keuangan. Saat kamu menjadi mahasiswa akuntansi, maka kamu harus terbiasa dengan masalah keuangan yang ada dan kamu harus mencari serta mengetahui cara untuk mengatasi hal tersebut. Saat kamu menjadi mahasiswa Jurusan Akuntansi, kamu harus bisa aktif terbiasa dengan masalah keuangan yang ada dan harus bisa mengatasi masalah tersebut. Kemampuan dalam menyelesaikan atau memecahkan masalah pun penting sekali untuk Anda tekuni serta pelajari jika Anda adalah mahasiswa akuntansi.

4. Kemampuan Menilai Laporan Keuangan

Tidak semua orang bisa memahami dan mengerti tentang cara menilai laporan keuangan. Namun, kamu harus bisa memahami dan mengerti bagian dari laporan keuangan di perusahaan, contohnya saja dari laporan neraca, arus kas, laba rugi, perubahan modal, serta berbagai laporan keuangan lain.

5. Kemampuan Membuat Rekomendasi

Kamu akan diminta dalam membuat rekomendasi mengenai suatu hal berdasarkan atas analisis yang dikerjakan. Biasanya kamu akan diminta membuat rekomendasi strategi berhubungan dengan hal-hal yang menjadi prioritas dari perusahaan pada bagian keuangan.

Prospek atau Peluang Kerja Jurusan Akuntansi

1. Akuntan Publik

Profesi akuntan publik adalah akuntan yang mendapatkan izin dari Menteri Keuangan untuk membuka jas akuntan ke publik. Kamu akan mendapatkan izin untuk membuka kantor akuntan publik serta memberikan jasa akuntan ke klien-klien. Gaji yang bisa didapatkan dari seorang Akuntan Publik yaitu mulai dari lima juta sampai dengan 10 juta.

2. Akuntan Privat

Akuntan privat memiliki nama lain yaitu disebut dengan akuntan intern. Akuntan ini memiliki tugas dalam menyusun semua kebutuhan akuntansi pada organisasi atau perusahaan tertentu, akuntan privat hanya bisa bekerja di satu perusahaan atau organisasi.  Profesi ini kamu bisa mendapatkan peluang gaji mulai per bulannya mulai dari Rp 5 juta sampai Rp 10 juta bagi yang masih pemula.

3. Financial Analyst

Analis keuangan adalah profesi yang tugasnya yaitu menyusun informasi keuangan yang kemudian menjadi dasar dari pengambilan keputusan dalam suatu bisnis.  Seorang analis keuangan pemula bisa mendapatkan peluang gaji sampai Rp 10 juta per bulannya. 

4. Auditor Internal

Profesi ini memiliki tugas untuk memeriksa laporan keuangan internal di perusahaan dan memberikan masukkan pada pihak manajemen. Peluang gaji bisa didapatkan auditor internal mulai dari Rp 10 juta.

5. Konsultan Pajak

Konsultan pajak ini tugasnya memberikan konsultasi perpajakan pada wajib pajak. Semakin kasus yang ditangani kompleks, maka gaji yang didapatkan akan semakin tinggi hingga capai puluhan juta rupiah. Seorang konsultan pajak di Indonesia gajinya berkisar mulai dari Rp 2 juta sampai Rp 15 juta tiap bulannya. 

6. Financial Planner

Financial planner memiliki tugas untuk melakukan penyusunan keuangan serta memberikan saran pada pengelolaan keuangan. Seorang financial planner biasanya tak dapat gaji bulanan, tapi pendapatannya didapatkan berdasarkan jasa konsultasi yang diberikan.

7. Ahli Keuangan Pemerintah

Profesi ini bisa dikatakan menjadikan karena membuka peluang untuk bisa mendapatkan penghasilan tinggi. Contohnya OJK (Otoritas Jasa Keuangan) adalah salah satu instansi pemerintah yang membutuhkan banyak orang dengan latar belakang akuntansi.

Mata Kuliah Pokok yang Dipelajari di Jurusan Akuntansi

Mata Kuliah Penjelasan

Pengantar Akuntansi

Mata kuliah ini meliputi pengumpulan, penganalisis, pencetakan, serta penyusunan berbagai laporan keuangan dan penafsirannya.

Akuntansi Sektor Publik

Mata kuliah ini mempelajari tentang mengumpulkan, catat, klasifikasi, analisis, serta buat laporan keuangan bagi organisasi publik. 

Akuntansi Biaya

Ini adalah akuntansi khusus pekerjaan di dalam pencetakan, penggolongan, meringkas, serta penyajian berbagai biaya pembuatan dan penjualan produk beserta dengan penafsiran hasil.

Akuntansi Anggaran

Akuntansi ini ditujukan untuk memakai data akuntansi menjadi dasar menyiapkan dasar rencana anggaran atau keuangan untuk periode akan datang.  

Akuntansi Pemerintah

Ini adalah akuntansi yang digunakan pemerintah.

Sistem Informasi Akuntansi

Penetapan pola catatan serta laporan akuntansi, dan pengembangan prosedur di dalam pengumpulan, catat, dan susun data-data akuntansi.

Perpajakan

Akuntansi yang dipakai hitung pembayaran pajak penghasilan.

 Pengauditan

Mata kuliah ini meliputi pemeriksaan akuntansi dari hasil pekerjaan yang telah dilakukan.

Ingin Masuk Jurusan Akuntansi?

Wujudkan mimpimu serang juga bareng Sang Juara School!

Layanan yang kami berikan:

  • Konsultasi
  • Pendaftaran universitas
  • Kelas seleksi PTN
  • Kelas bahasa
  • Kelas SNBT
  • Konsultasi SNBP

Program Bimbingan Persiapan Seleksi PTN ada disini https://sangjuaraschool.com/snbt/

———————————–⠀
SANG JUARA SCHOOL
———————————–

Konfirmasi pendaftaran dan Info lebih detail
Admin Kursus Bahasa: 0857 3041 4051

Alamat Kantor Pusat : Jl Sutorejo Prima Utara PY 12/6A Mulyorejo Surabaya

https://sangjuaraschool.com/

Follow instagram kami
@sangjuaraschool
@studyabroad.sjs

Sang Juara School / PT. Juara Edukasi Muda

Referensi

https://sidata-ptn-snpmb.bppp.kemdikbud.go.id/ptn_sb.php?ptn=356&prodi=356044&jenis=0

2022. https://podomorouniversity.ac.id/mata-kuliah-jurusan-akuntansi/

https://www.akuntansi.upj.ac.id/static-page/44/susunan-mata-kuliah-per-semester

Leave a Reply