10 Jenis dan Gelar Dokter Spesialis

Banyak bidang di dalam dunia medis, maka banyak juga macam-macam dari dokter spesialis di setiap bidangnya. Apa saja ya macam-macam profesi dokter? 

Sebelum kita membahas mengenai profesi dokter, kamu perlu tahu terkait pengertian dokter. Dokter adalah orang yang memiliki keahlian dalam bidang kesehatan. Namun, dokter juga orang yang memiliki kewenangan yang semestinya untuk melakukan pelayanan di bidang kesehatan. Khususnya bertugas untuk memeriksa dan juga mengobati penyakit yang sesuai dengan hukumnya untuk dokter.

Sebelum membahas lebih dalam mengenai macam-macam dokter spesialis, maka perlu untuk kamu mengetahui terlebih dahulu perbedaan dari dokter umum dan dokter spesialis.


Perbedaan dokter umum dan dokter spesialis

Dokter umum adalah dokter yang memberikan perawatan dan penanganan pada gangguan kesehatan yang sifatnya umum. Seorang dokter umum juga terkadang bisa melayani konsultasi kesehatan, mengecek kondisi kesehatan seseorang, dan memberikan rujukan ke dokter spesialis. Sedangkan untuk dokter spesialis merupakan dokter yang menguasai satu bidang kesehatan tertentu, hal tersebut membuat seorang dokter spesialis bisa memberikan penanganan pada gangguan kesehatan yang mungkin seorang dokter umum tidak bisa tangani. 

Maka dari itu, untuk menjadi dokter spesialis seseorang harus bisa menempuh pendidikan dokter umum terlebih dahulu kemudian melanjutkan program pendidikan spesialis.

Macam-macam dokter spesialis dan gelarnya

Biasanya untuk konsultasi kesehatan dilakukan bersama dokter umum dan akan dirujuk ke dokter spesialis jika perlu. Namun, kamu tentunya juga bisa langsung berkonsultasi dengan dokter spesialis.

Maka dari itu, kamu perlu mengetahui macam-macam dokter spesialis dan tugasnya agar nantinya kamu tahu harus berkonsultasi ke dokter apa apabila sedang mengalami suatu gangguan kesehatan tertentu.

Macam-macam Dokter Spesialis Penjelasan

Dokter spesialis anak (Sp.A)

Dokter spesialis anak adalah jenis dokter spesialis yang khusus menangani gangguan kesehatan pada anak. Umumnya pasien berusia 0-18 tahun lah yang menjadi pasien dari dokter spesialis anak. Dokter spesialis anak memiliki sebutan sebagai pediatris. Dalam beberapa kasus, dokter spesialis anak terkadang juga bekerja sama dengan dokter spesialis lainnya untuk menangani pasien.

Dokter spesialis penyakit dalam (Sp.PD)

Dokter spesialis penyakit dalam memiliki sebutan sebagai internis. Tugas seorang internis adalah menangani kasus gangguan kesehatan pada pasien dewasa dan lansia.

Dokter spesialis bedah (Sp.B)

Dokter spesialis ini merupakan dokter yang memiliki keahlian dalam melakukan pembedahan dan umumnya berhubungan dengan operasi. Spesialis bedah biasanya mendapatkan rujukan dari dokter yang umum maupun dengan dokter spesialis yang pasiennya membutuhkan terapi dalam bentuk pembedahan

Dokter spesialis saraf atau neurologis (Sp.N)

Dokter spesialis saraf adalah dokter yang memiliki keahlian khusus dalam menangani gangguan kesehatan pada sistem saraf. Beberapa contoh kasus yang bisa ditangani dokter spesialis saraf adalah stroke, infeksi sistem saraf, dan gangguan pada sistem saraf lainnya.

Dokter spesialis obstetri dan ginekologi atau dokter kandungan (Sp.OG)

Spesialis obstetri dan ginekologi atau SpOG sering disebut juga sebagai dokter kandungan atau obgyn. Obstetri sendiri memang merupakan cabang kedokteran yang mempelajari kehamilan dan persalinan, sedangkan ginekologi mempelajari tentang sistem reproduksi wanita.

Dokter spesialis kulit dan kelamin (Sp.KK)

Dokter spesialis kulit dan kelamin (Sp.KK) punya sebutan lain, yaitu spesialis dermatovenereologi (Sp.DV). Keduanya memiliki arti yang sama, hanya saja Sp.DV diberikan pada lulusan yang lebih baru.

Dokter spesialis mata (Sp.M)

Dokter spesialis THT adalah dokter yang menangani gangguan kesehatan pada organ telinga, hidung, dan tenggorokan. Beberapa contoh masalah kesehatan yang dapat ditangani dokter spesialis THT adalah radang amandel, radang tenggorokan, infeksi telinga, bahkan tumor di leher.

 Psikiater (Sp.KJ)

Psikiater adalah praktisi kesehatan yang mampu menangani masalah-masalah yang berhubungan dengan gangguan emosional, kejiwaan, dan perilaku pasien.

Dokter spesialis urologi (Sp.U)

Selanjutnya ada dokter urologi yang mempelajari tentang sistem saluran kemih. Dokter ini fokus pada diagnosis hingga pengobatan penyakit saluran kemih pada pria maupun wanita. Penyakit yang ditangani meliputi gangguan pada saluran kemih, masalah pada prostat, penyakit ginjal, dan masih banyak lagi.

Ingin kuliah di fakultas kedokteran?, wujudkan mimpimu bersama Sang Juara School

Layanan yang kami berikan:

  • Konsultasi
  • Pendaftaran universitas
  • Kelas seleksi PTN
  • Kelas bahasa
  • Kelas kedokteran

Program Bimbingan Kelas Kedokteran ada di sini https://sangjuaraschool.com/kedokteran/.

———————————–⠀
SANG JUARA SCHOOL
———————————–

Konfirmasi pendaftaran dan Info lebih detail
Admin Kursus Bahasa: 0857 3041 4051

Alamat Kantor Pusat : Jl Sutorejo Prima Utara PY 12/6A Mulyorejo Surabaya

https://sangjuaraschool.com/

Follow instagram kami
@sangjuaraschool
@studyabroad.sjs

Sang Juara School / PT. Juara Edukasi Muda

Referensi

Mutia Isni Rahayu. 2022. Macam-Macam Dokter Spesialis dan Penjelasan Keahliannya. https://lifepal.co.id/media/macam-macam-dokter-spesialis/. Diakses tanggal 5 April 2022.

Wida Kurniasih. 36 Macam Profesi Kedokteran yang Ada di Indonesia. https://www.gramedia.com/literasi/macam-macam-profesi-kedokteran/. Diakses tanggal 5 April 2022. 

https://www.alodokter.com/ini-macam-macam-dokter-spesialis-yang-perlu-anda-ketahui.

Leave a Reply