Bimbel OLIMPIADE / KOMPETISI SAINS SMA Terbaik

Sekilas Tentang Olimpiade / Kompetisi Sains SMA

Kompetisi Sains Nasional (KSN) merupakan kompetisi di bidang sains untuk tingkat SD hingga SMA. Kompetisi ini diadakan setiap tahun dan setiap sekolah akan mengirimkan siswa terbaiknya untuk mengikuti kompetisi ini. Siswa yang mengikuti KSN harus lolos seleksi tingkat kota/kabupaten dan provinsi. Setelah itu, siswa terbaik setiap provinsi akan dipertemukan dengan peserta dari seluruh provinsi di Indonesia. 

Awalnya, KSN dikenal dengan nama Olimpiade Sains Nasional atau OSN. Namun, di tahun 2020 namanya berubah setelah Nadiem Makarim, Menteri Pendidikan dan Kebudayaan Indonesia, mendirikan Pusat Prestasi Nasional yang membawahi semua pelaksanaan terkait kompetisi, lomba, dan festival di Indonesia.

Melalui Kompetisi Sains Nasional ini diharapkan, para peserta didik mampu menguasai berbagai jenis ilmu pengetahuan dan teknologi. Selain itu, KSN juga jadi bagian penting dalam pemerataan prestasi sekaligus memaksimalkan potensi peserta didik yang berkarakter dan bertalenta dari seluruh penjuru negeri.

Untuk Kompetisi / Olimpiade Sains tingkat SMA akan mempertandingkan 9 bidang sains, antara lain Matematika, Kimia, Fisika, Biologi, Informatika/komputer, Astronomi, Ekonomi, Kebumian dan juga Geografi. 

Tahapan Seleksi Kompetisi Sains

Pada umumnya, KSN memiliki beberapa tahapan seleksi, diantaranya adalah sebagai berikut:

1. Tahapan seleksi
tingkat sekolah yang dikenal dengan sebutan Kompetisi Sains Nasional tingkat Sekolah atau KSN-S (penanggung jawab Kepala Sekolah) yang biasanya dilaksanakan bulan Maret.

2. Tahapan seleksi tingkat kabupaten atau kota yang dikenal dengan sebutan Kompetisi Sains Nasional tingkat kabupaten/kota atau KSN-K (penanggung jawab Dinas Pendidikan Provinsi) yang biasanya dilaksanakan bulan Juni.

3. Tahapan seleksi tingkat provinsi yang dikenal dengan sebutan Kompetisi Sains Nasional tingkat provinsi atau KSN-P (penanggung jawab Dinas Pendidikan Provinsi) yang biasanya dilaksanakan bulan Agustus.

4. Tahapan seleksi tingkat nasional yang dikenal dengan sebutan Kompetisi Sains Nasional (KSN) (penanggung jawab Pusat Prestasi Nasional) yang biasanya dilaksanakan bulan September.

Silabus Kompetisi Sains SMA

No. 
Bidang Studi 
Silabus
1. Matematika 
  1. Pendahuluan : Himpunan, Sistem Bilangan, Notasi Sigma dan Pi
  2. Aljabar : Polinomial, Fungsi (Chaucy, Jensen), Barisan Deret dan Rekursif, Ketaksamaan, Sistem Persamaan,
  3. Teori Bilangan : Keterbagian, Uji Habis Dibagi, Bilangan Genap dan Ganjil, Algoritma Pembagian, GCD, LCM, Bilangan Prima, Algoritma Euclidian, Algoritma Stein, Identitas Bezout, Pers. Diophantine Linear, Induksi Matematika, Fungsi Tangga, Modular Aritmatik, Residu Lengkap, Jumlah dan Banyaknya Pembagi, Fungsi Totient Euler
  4. Kombinatorik : Kombinatorik Dasar, Prinsip Inklusi – Ekslusi, De Moivre Formula, Derangements, Paritas, Multinomial Ekspansion, Pigeon Hole Principle, Teori Graf, Coloring Proofs
  5. Geometri : Geometri Analitik, Geometri Vektor, Trigonometri, Geometri Euclid,
2. Fisika 
  1. Pengetahuan Matematika : Vektor (notasi, operasi), Turunan, Integral
  2. Kinematika Gerak Lurus : Definisi dasar Perpindahan, Jarak, Kelajuan, Kecepatan, Perlajuan dan Percepatan ; Kecepatan relatif ; GLB dan GLBB ; Perpaduan Gerak dalam 2 dan 3 Dimensi.
  3. Dinamika Gerak Lurus : Hukum Newton, Gaya Gesek, Gaya Fiktif.
  4. Kinematika Gerak Melingkar : Definisi dasar sudut tempuh, Kecepatan sudut dan Percepatan Sudut; GMB dan GMBB.
  5. Dinamtika Gerak Melingkar : Torsi, Momen Inersia, Hukum Newton untuk Gerak Melingkar.
  6. Usaha dan Energi : Usaha, Energi Potensial, Energi Kinetik, Energi Mekanik, Gaya Konservatif dan Non Konservatif, Teorema Kerja – Energi
  7. Sistem Partikel dan Kekekalan Momentum : Pusat Massa, Kekekalan Momentum, Kerangka Acuan Pusat Massa, Energi Kinetik Sistem Partikel, Tumbukan, Impuls, Dorongan Jet.
  8. Osilasi : Sistem Bandul, Sistem Massa dan Pegas.
  9. Listrik dan Magnet (OSN)
3. Kimia 
  1. Atom : Nukleon/Inti Atom, Isotop, Atom Hidrogen, Radioaktivitas
  2. Ikatan Kimia : VSEPR-Struktur Molekul Sederhana, Kepolaran, Delokalisasi dan Resonansi, Teori Orbital Hibrida, Teori Orbital Molekul.
  3. Stoikiometri : Pers. Reaksi Kimia, Perhitungan Stoikiometri, Hubungan Massa dan Volume, Rumus Empiris dan Molekul, Bilangan Avogadro, Perhitungan Konsentrasi.
  4. Kecendrungan Periodik : Konfigurasi Elektron, Elektronegativitas, Afinitas Elektron, Energi Ionisasi, Ukuran Atom dan Ion, Bilangan Oksidasi Tertinggi
  5. Kimia Fisika : Gas dan Fasa
  6. Termodinamika dan Kesetimbangan
  7. Elektrokimia dan Kinetika Kimia
  8. Kimia Analitik
  9. Kimia Organik
4. Biologi Teori : Biologi Sel dan Molekuler, Anatomi dan Fisiologi Tumbuhan, Anatomi dan Fisiologi Hewan, Etologi, Genetika dan Evolusi, Ekologi, Biosistematik.
Praktek (OSN) : Biosistematik Komparatif dan Fungsional, Fisiologi dan Ekologi Tumbuhan, Biologi Sel Molekuler, Etologi Evolusioner
5. Astronomi 
  1. Mekanika Benda Langit : Hukum Kepler, Hukum Gravitasi Newton, Aplikasi Hukum Newton.
  2. Radiasi Elektromagnetik : Hukum Radiasi, Benda Hitam, Spektrum Elektromagnetik.
  3. Bola Langit : Konsep Dasar Segitiga Bola, Tata Koordinat Astronomi, Pengertian Ekuinok, Konstelasi dan Zodiak, Obyek Langit dalam kondisi Circumpolar
  4. Konsep Waktu dan Kalender : Waktu Matahari, Waktu Sideris, Kalender Bulan (Hijriah)
  5. Tata Surya : Matahari, Komponen Tata Surya, Periode Sideris dan Sinodis Planet, Teori Pembentukan Tata Surya.
  6. Fenomena Astronomi (Sistem Bumi, Bulan, Matahari) : Fasa Bulan dan Hilal, Periode Sideris dan Sinodis Bulan, Gerhana, Musim di Bumi, Aurora, Hujan Meteor
  7. Bintang
  8. Galaksi dan Kosmologi Dasar

Praktek (OSN) :

  1. Pengamatan dengan mata telanjang atau secara visual (tergantung kondisi cuaca) : Rasi Bintang, Mengenal Bintang Terang dan Planet Tampak, Mengenal Ekliptika dan Kutub Ekliptika, Mengenal Ekuator Galaksi Bimasakti, Mengenal Ekuator Langit.
  2. Pengamatan dengan Teleskop dan detektor Atronomi : Mengarahkan dan menjalankan teleskop sesuai instruksi, merekam dan mengolah data.
6. Komputer 

Komponen utama materi uji tertulis : Analitik dan Logika, Aritmatika dan Algoritma.
Ketiga komponen ini kemudian dijabarkan dalam sejumlah aspek sebagai berikut :

  1. menguji deskripsi soal : kemampuan memahami dan mensimulasikan algoritma dalam cerita, deduksi berdasarkan input menghasilkan output, deduksi berdasarkan test case menghasilkan pemahaman proses, menemukan kasus ekstrim, optimasi.
  2. menguji pemahaman algoritma : memahami konsep elemen konstruksi (if-then-else, loop dan variasinya), kemampuan membaca algoritma secara menyeluruh, mengeksekusi (termasuk rekursif) dan process tracing yang terjadi, kemampuan coding.
  3. menguji kemampuan dasar logika : implikasi, jika dan hanya jika, kalkulus preposisi, induksi-deduksi.
  4. menguji kemampuan dasar aritmatika : model matematis, sifat dari deret bilangan, model keterkaitan (graf)
  5. menguji kemampuan dasar penunjang : Himpunan, Aljabar Logika, Sifat Bilangan dan Deret, Finite State Machine, Kombinatorik.
7. Kebumian 

Teori :

  1. Geologi – Geofisika (Geosfer) : Pembentukan Bumi, Struktur Dalam Bumi, Tektonik Lempeng, Pembentukan dan Siklus Batuan, Geologi Struktur dan Geomorfolofi, Paleontologi dan Geologi Sejarah, Sumberdaya dan Bencana Geologi.
  2. Meteorologi – Klimatologi (Atmosfer) : Struktur Atmosfer, Komposisi dan Sirkulasi Udara, Pembentukan Awan dan Hujan, Iklim Global, Bencana Meteorologi/Klimatologi
  3. Astronomi (Sistem Planet) : Sistem dan Evolusi Tata Surya, Fisika dan Gerak Planet, Koordinat Horizon, Ekuator dan Ekliptika, Fisika Matahari dan Pengaruhnya Terhadap Bumi, Teropong dan Peta Bintang
  4. Geohidrologi dan Oseanografi (Hidrosfer) : Siklus Hidrologi, Geohidrologi Air Permukaan dan Bawah Tanah, Geologi dan Fisiografi Laut, Komposisi dan Sirkulasi Air Laut

Praktek (OSN) :

  1. Geologi : Mineralogi dan Petrologi, Geologi Struktur dan Geomorfologi, Paleontologi dan Sejarah Geologi, Peta Geologi
  2. Meteorologi – Klimatologi : Peta – Peta Meteorologi
  3. Astronomi (Sistem Planet) : Teropong dan Peta Bintang
8. Ekonomi 
  1. OSK : Seluruh Materi Kelas XI SMA, dengan komposisi 70% Ekonomi dan 30% Akuntansi, 70% Soal berbahasa Indonesia sisanya berbahasa Inggris, Bentuk Soal pilihan ganda
  2. OSP : Seluruh Materi Kelas XI SMA (tingkat kesulitan meningkat), dengan komposisi 75% Ekonomi dan 25% Akuntansi, 60% Soal berbahasa Indonesia sisanya berbahasa Inggris, Bentuk Soal pilihan ganda ditambah 2 soal uraian masing-masing ekonomi dan akuntansi.
  3. OSN : Seluruh Materi Kelas XI dan XII SMA (tingkat kesulitan meningkat), dengan komposisi 80% Ekonomi dan 20% Akuntansi, 50% Soal berbahasa Indonesia sisanya berbahasa Inggris, Bentuk Soal pilihan ganda ditambah 5 soal uraian (4 soal ekonomi dan 1 soal akuntansi) dan siswa harus mampu menyusun dan mempresentasikan karya tulis ilmiah bidang ekonomi dengan bahasa indonesia yang baik dan benar. Selain itu juga ada game dan simulasi perdagangan.
9. Geografi 
  1. Iklim dan perubahannya
  2. Bencana dan manajemen kebencanaan
  3. Sumber daya dan manajemen sumber daya
  4. Geografi lingkungan dan perencanaan pembangunan berkelanjutan
  5. Geomorfologi
  6. Geografi pertanian dan permasalahan pangan 
  7. Kependudukan dan dinamikanya
  8. Geografi ekonomi dan globalisasi
  9. Geografi pembangunan
  10. Geografi kota dan perencanaan kota dan wilayah
  11. Pariwisata dan manajemen pariwisata
  12. Geografi budaya dan identitas regional
  13. Tata guna lahan
  14. Geografi regional
  15. Keterampilan pemetaan
  16. Keterampilan analisis data

Adapun Panduan dan Ketentuan KSN SMA bisa di download di sini.

Manfaat Mengikuti Event Olimpiade / Kompetisi Sains

1. Berkesempatan untuk Kuliah gratis di perguruan tinggi ternama (dalam maupun luar negeri) dengan biaya hidup dijamin pemberi beasiswa.
2. Menjadi duta daerah dan duta Negara dalam ajang kompetisi begengsi Olimpiade Sains Nasional maupun Internasional.
3. Penghargaan dari pemerintah (pusat dan daerah), Sekolah, dan masyarakat, baik berupa materi (uang pembimbing) maupun non materi (pujian dan penghormatan).
4. Perolehan ilmu dan materi pengetahuan yang setara dengan materi materi S2 dan S3 sehingga sangat pantas menyandang predikat siswa cerdas istimewa.
5. Menjadi manusia unggul dalam intelektual,moral, dan integritas kepribadian.
6. Meningkatkan jiwa bersaing dan melatih keuletan serta kegigihan.
7. Menjadi Problem Solving Permasalahan yang berkaitan dengan Sains.
8. Bisa menjadi mentor untuk Kompetisi / Olimpiade Sains bagi junior di sekolah.

Event Olimpiade Sains Lembaga Lain

Selan Kompetisi / Olimpiade Sains yang diadakan oleh kementrian pendidikan dan kebudayaan Indonesia. Berbagai lembaga/institusi juga mengadakan Olimpiade Sains dengan  berbagai pilihan bidang studi. Bahkan beberapa lembaga sudah sejak lama mengadakan kegiatan tersebut sehingga event tersebut tidak kalah prestise dengan event kompetisi sains yang diadakan oleh pemerintah. Beberapa Olimpiade Sains yang kamu bisa ikuti selain KSN adalah sebagai berikut :
1. Olimpiade Matematika ITS / OMITS (diadakan oleh jurusan Matematika ITS Surabaya)
2. Olimpiade Farmasi Unair / OLFAR (diadakan oleh jurusan Farmasi Unair Surabaya)
3. Medical Science and Application Competition / MEDSPIN (diadakan oleh Fakultas Kedokteran Unair)
4. Lomba dan Kegiatan Matematika UI / LOGIKA (diadakan oleh jurusan Matematika Universitas Indonesia)
5. Lomba Matematika Nasional / LMNAS (diadakan oleh jurusan Matematika Universitas Gadjah Mada)
6. Olimpiade Kedokteran Gigi Dasar 
(diadakan oleh Fakultas Kedokteran Gigi Universitas Gadjah Mada)
7. Olimpiade Kimia Nasional 
(diadakan oleh jurusan Kimia Universitas Gadjah Mada)
8. Olimpiade Geografi dan Geosains / OGG FITB ITB (diadakan oleh Fakultas Ilmu Teknologi & Kebumian Institut Teknologi Bandung)
9. Olimpiade Kimia Tingkat Nasional / OKTAN 
(diadakan oleh jurusan Kimia Institut Teknologi Bandung)

Selain event diatas masih banyak event lainnya yang biasanya diselenggarakan oleh Universitas dan bisa kamu ikuti.

Program Pembinaan KSN SMA / Sederajat

(Program Persiapan Kompetisi / Olimpiade Sains SMA)
Bimbel Olimpiade Sains

Program Bimbingan Olimpiade sains SMA dengan Metode Intensif Privat 1-2 Siswa / Kelas melalui Video Conference atau Tatap Muka jika dimungkinkan.

Pilihan Bidang Studi : Matematika, Fisika, Biologi, Kimia, Astronomi, Komputer, Ekonomi, Kebumian, Geografi.

Materi Bimbingan: Latihan & Pembahasan Soal Soal OSK, OSP & OSN

Target Belajar : Penguasaan Materi dan Strategi Belajar Siswa serta mempersiapkan siswa untuk lebih matang dalam menghadapi Olimpiade Sains

Fasilitas : Pembelajaran Online dengan Papan Tablet sehingga lebih mudah dipahami, Tentor Berpengalaman S2/S3/Alumni ITS/Unair/Juara Olimpiade Sains, Modul dan Bank Soal Olimpiade Sains.

Paket JUARA (100 Sesi) 
90 Menit / Meeting
Bimbingan dilaksanakan maksimal selama 6 bulan
Investasi : Rp 18.000.000 / kelas (Bisa diisi 1 atau 2 siswa dengan biaya sama)

Paket PRESTASI (40 Sesi) 
90 Menit / Meeting
Bimbingan dilaksanakan maksimal selama 3 bulan
Investasi : Rp 7.250.000 / kelas (Bisa diisi 1 atau 2 siswa dengan biaya sama)

Paket TELADAN (10 Sesi) 
90 Menit / Meeting
Bimbingan dilaksanakan maksimal selama 1 bulan
Investasi : Rp 2.000.000 / kelas (Bisa diisi 1 atau 2 siswa dengan biaya sama)

Ayo Bergabung Sekarang Juga dan Jadilah Juara Olimpiade Sains !

Masih Bingung tentang Strategi Belajarmu Menghadapi Olimpiade Sains? Jangan Khawatir, Konsultasikan kepada kami agar mimpimu masuk Kampus Impian Tercapai. Gratis !!

Sang Juara School : Bimbingan Belajar dan Konsultan Masuk Kuliah No.1

Galeri Kegiatan Kelas

Kunjungi Blog Sang Juara School untuk mendapatkan informasi, tips, program yang membantumu masuk kampus impian.

Kunjungi juga Website Juara SBMPTN untuk mendapatkan informasi lebih detail dan promo menarik Program Karantina / Camp Sang Juara School

Tentang Bimbel Sang Juara
(PT Juara Edukasi Muda)

Sang Juara School memfokuskan diri untuk membantu siswa kelas 3 SMA yang akan melakukan persiapan masuk kuliah agar diterima di kampus dan jurusan impiannya. Kami fokus membangun Keunggulan di bidang tersebut sehingga Sang Juara School memposisikan diri sebagai Lembaga Bimbingan dan Konsultan Masuk Kuliah No 1.

Sang Juara School memiliki pengajar yang berkualitas dan memiliki kompetensi di bidangnya karena pengajar kami memiliki kualifikasi tinggi yaitu Dosen/Profesional, serta lulusan S1/S2/S3 dari PTN yang berkualitas. Selain itu, kami juga ingin membangun siswa dalam sisi karakter dan spiritual siswa karena kami meyakini bahwa semakin baik Spiritualitas dan karakter siswa maka semakin mudah untuk meraih prestasi. Sehingga kami berharap kami bisa mencetak siswa yang Berkarakter, Bertakwa dan Berprestasi.

Hubungi Kami

Kantor Pusat:

Jl Sutorejo Prima Utara PY 12 no 6A (Depan kompleks ruko Nakamura mulyosari atau samping kampus Widia Kartika) Mulyosari Surabaya

Kantor Cabang:

Bumi Marina Emas Selatan Blok E No. 80 Surabaya

Copyright © 2021 Sang Juara School (PT Juara Edukasi Muda).
All Right Reserved.