ATURAN BARU SBMPTN 2019 : Fakta dan Analisa



ATURAN BARU SBMPTN 2019 : Fakta dan Analisa

Pastinya kalian sudah tau semua kan, 22 Oktober kemarin ristekdikti ngadain pers conference tentang SBMPTN 2019. Tentunya sudah banyak informasi yang bertebaran tentang SBMPTN 2019 versi terbaru yang pastinya bikin dag dig dug kalian yang mau masuk kuliah. Nah berikut ini beberapa Penjelasan dan Analisa tentang Fakta SBMPTN 2019 versi terbaru. Semoga bisa bantu kalian buat atur strategi ngadepin SBMPTN 2019. Baca sampai abis ya guys 

SBMPTN 2019 diadakan 24 kali Maret-Mei 2019

Jika tahun lalu tes SBMPTN hanya dilaksanakan sekali untuk 1 tahun ajaran. Nah tahun ini, panitia akan mengadakan tes SBMPTN / UTBK setiap Sabtu Minggu selama 24 kali masa tes. Dimana setiap siswa maksimal diperbolehkan mengikuti tes 2 kali, dan nantinya nilai yang digunakan untuk seleksi masuk PTN adalah nilai yang terbaik. Menurut jadwal tentatif yang beredar, tes akan dilaksanakan mulai 30 Maret – 26 Mei 2019. Dan pendaftaran UTBK sudah akan dimulai 12 Januari - 27 Maret 2019.  

Jika diliat dari sisi positif, sistem ini tentunya lebih menguntungkan bagi kalian karena kalian punya kesempatan buat 2 kali tes. Artinya paling tidak kalian sudah memiliki pengalaman saat ambil tes pertama, dan jika hasilnya kurang optimal kalian bisa mengevaluasi persiapan kalian dalam menghadapi tes, baik gaya belajar maupun model soal yang perlu lebih dalam untuk dipelajari. Walaupun kalian ga ada waktu lama buat evaluasi dan perbaikan sebelum ambil tes kedua.

Nah di sisi lain, karena belum tahu apakah setiap sesi tes akan ada kuota atau tidak terbatas seperti tahun sebelumnya. Maka kalian mesti buat strategi mau ambil tes 1 dan 2 kapan. Apakah di akhir periode tes (Mei) atau tengah bahkan awal. Ini penting banget buat direncanakan untuk strategi persiapan belajar kalian. Dan saat periode pendaftaran sudah dibuka Januari nanti kalian sudah bisa booking tanggal untuk mengantisipasi jika ada kuota tiap sesi tes. Karena pastinya, prediksi gue kebanyakan peserta akan ambil sesi Tes di bulan Mei.

Tes Dulu, Dapat Nilai Baru Daftar PTN

Jika tahun lalu peserta sudah memilih PTN saat mendaftar Tes. Nah tahun ini, peserta akan melakukan tes UTBK terlebih dahulu. Hasil tes akan keluar 1 minggu setelah Tes. Dan setelah periode tes selesai (Maret-Mei), baru akan dibuka pendaftaran PTN secara serentak yang menggunakan hasil tes UTBK sebagai acuan seleksi. Nah pendaftaran Seleksi PTN / SBMPTN secara online diperkirakan akan dilaksanakan 10 – 24 Juni 2019 dan akan diumumkan hasilnya pada 9 Juli 2019.

Jadi dengan Fakta diatas guys,  presentase lulus SBMPTN 2019 akan meningkat bagi kalian yang memang mempersiapkan UTBK dengan baik. Kok bisa?Iya karena kalian sudah tahu nilai UTBK kalian, sehingga lebih mudah buat atur strategi pilih universitas dan jurusan yang sekiranya sesuai dengan daya saing nilai kalian. Jika tahun tahun sebelumnya banyak peserta Tes yang sebenarnya memiliki nilai tinggi namun tidak lulus karena mereka salah strategi pemilihan jurusan dan universitas. Nah tahun ini bisa jadi hal tersebut agak tereduksi.

Misal nih si Jono saat SBMPTN 2018 pilih FK UI dan Unpad yang misal punya minimal skor untuk lolos 60 (anggap aja penilaian skala 0-100). Nah sedangkan nilai Jono hanya 58. Maka otomatis Jono gagal di SBMPTN 2018. Nah asiknya di SBMPTN 2019 ini kejadian tersebut mungkin akan lebih jarang terjadi. Misal nih, di SBMPTN 2019 Jono sudah tahu kalau nilainya 58 (asumsi nilai ini termasuk skor yang lumayan tinggi tapi masih kurang punya daya saing buat tembus FK UI/Unpad), maka Jono bisa ambil FK yang punya daya saing lebih rendah atau jurusan lain  dimana  nilai si Jono masih punya daya saing untuk bisa masuk. Nah pertanyaannya adalah gmana caranya tahu kalau nilai kalian termasuk tinggi atau ga. Gampangnya kalian bisa cek rata rata nilai teman kalian baik di sekolah maupun di bimbel, jadi kalian tahu posisi nilai kalian termasuk bagus apa ga.

Jadi intinya dengan sistem baru ini kalian mesti fokus buat nyiapin UTBK semaksimal mungkin, sehingga nilai UTBK kalian tinggi dan kalian bisa pilih kampus dan jurusan manapun yang kalian mau. Dan asalkan saat pemilihan jurusan punya strategi yang bagus dan ga maksain untuk coba jurusan yang mungkin nilai kalian ga bisa bersaing, maka kemungkinan kalian masuk PTN via SBMPTN semakin meningkat.

Materi Tes terdiri dari TPS dan TKA

SBMPTN 2019 ini panitia menggunakan Tes Potensi Skolastik (TPS) dan Tes Kemampuan Akademik (TKA) sebagai materi Tes. Nah apa itu TPS dan TKA? TPS adalah alat tes yang digunakan untuk memprediksi kemampuan kalian jika diberikan kesempatan untuk melanjutkan belajar ke jenjang yang lebih tinggi atau pada situasi yang baru. Nah apa isinya? Ada beberapa bagian TPS yaitu :

Subtes Verbal : mengukur kemampuan menggunakan logika verbal untuk menyelesaikan masalah yang berhubungan dengan masalah kata/Bahasa. Terdiri dari: Sinonim, Antonim, Analogi dan Wacana.

Subtes Kuantitatif: mengukur kemampuan matematis sederhana, memahami konsep matematika dan menggunakan logika angka untuk menyelesaikan masalah yang berhubungan dengan angka. Terdiri dari: Deretan Angka, Aritmatika dan Aljabar, dan Geometri.

Subtes Penalaran: Mengukur kemampuan untuk memilih dan mengorganisasi informasi yang relevan untuk menyelesaikan masalah. Terdiri dari: Logis, diagram dan Analitis.

Nah, intinya TPS kurang lebih sama sih dengan TPA (Tes Potensi Akademik) yang dipakai di SBMPTN 2018. Jadi kalian ga perlu khawatir.

Sedangkan, untuk TKA berisi materi yang diajarkan di sekolah, yang dibagi menjadi dua yatitu SAINTEK dan SOSHUM. Mata pelajaran yang diujikan juga kemungkinan sama dengan SBMPTN tahun tahun sebelumnya walaupun belum ada rilis resmi dari panitia.

Nah yang menarik dari Materi tes SBMPTN 2019, panitia akan menggunakan HOTS yaitu (High Order Thinking Skills) pada materi Tes. HOTS itu pendekatan yang menuntut  proses berpikir kalian ga terbatas cuman hafalin materi saja. Tapi bisa menganalisa sebab,mengkritisi, mengkombinasikan dan menciptakan ide baru. Nah dengan sistem ini kalian dituntut ga cuman ngandalin rumus cepat aja, tapi emang paham konsep dasarnya. Jadi bisa jawab soal yang nantinya dituntut kemampuan berpikir lebih kompleks.

 

Nah itu beberapa Fakta dan Analisa tentang SBMPTN 2019. Tentunya ada plus minusnya bagi kalian pejuang masuk kuliah, Mungkin beberapa kalian banyak yang ngeluh kenapa perubahan sistem tes terjadi pada zaman kalian yang tentunya ngebuat persiapan belajar tes masuk kuliah lebih ga pasti. Tapi yakinlah, di dunia ini ga ada yang pasti, semua selalu berubah dan yang akan survive adalah yang bisa adaptasi terhadap perubahan itu. Jadi bersyukurlah kalian dilatih sejak awal buat ngadepin perubahan yang ngebuat semuanya jadi pasti. So, daripada ngeluh dan nyalahin situasi mending segera siapin diri dan siap buat sukses SBMPTN 2019. Jangan lupa berdoa tentunya ya guys.

Kalau kamu ngerasa info ini bermanfaat, share ke teman kalian yaa

----
Ingin nyiapin SBMPTN 2019 lebih dini?
Yuk gabung di Sang Juara School
Lembaga Bimbingan dan Konsultan Masuk Kuliah No.1