Penjelasan dan Contoh Soal HOTS SBMPTN 2019



Penjelasan dan Contoh Soal HOTS SBMPTN 2019

Kalian tentunya sudah tahu dong kalau SBMPTN 2019 ini ada beberapa perubahan. Nah salah satu perubahan yang dilakukan oleh kemenristek dikti, selaku kementerian yang bertanggung jawab untuk seleksi mahasiswa baru PTN adalah adanya perubahan pendekatan soal SBMPTN menjadi HOTS (High Order Thinking Skills). Mungkin sebagian dari kalian sudah paham apa itu HOTS, tapi pastinya banyak dari kalian yang belum paham tentang HOTS. Nah dalam artikel ini coba kita bahas ya tentang HOTS, biar kalian lebih paham!!

Nah apa itu HOTS? HOTS adalah kemampuan berpikir secara kritis, logis, metakognisi, dan kreatif. Higher-order thinking menuntut seseorang mampu menghubungkan informasi baru dengan informasi yang telah   dimiliki sebelumnya, kemudian membuat solusi untuk masalah pada konteks yang belum dikenal sebelumnya. Pendekatan HOTS akan memberikan pemahaman terhadap informasi dan bernalar bukan sekedar mengingat informasi/ recall informasi.

Seperti yang kita ketahui Bersama guys, selama ini soal yang diberikan kepada siswa kebanyakan soal yang memiliki pendekatan Recall, yaitu pendekatan soal yang menuntut siswa untuk mengingat kembali informasi yang sudah diberikan. Padahal di dunia kerja atau di kehidupan nyata setelah kalian keluar dari bangku pendidikan formal, kalian butuh lebih dari itu. Kalian tidak butuh terlalu banyak mengingat informasi detail, namun lebih perlu kemampuan untuk menganalisa, memilih, mengkritisi dan mengkolaborasikan informasi yang ada untuk membuat sebuah penyelesaian masalah. Nah hal ini yang dirasakan perlu oleh pemerintah untuk melatih siswa sejak dini dengan pendekatan HOTS. Jadi perubahan yang dilakukan pemerintah dalam hal ini adalah perubahan yang positif sih.

Tapi bukan berarti soal dengan pendekatan HOTS lebih sulit loh. Hanya kalian perlu lebih paham dasar/basic dari materi sehingga kalian bisa memahami lebih dalam. Tidak seperti selama ini yang hanya mengandalkan hafalan, apalagi beberapa soal SBMPTN identik dengan cara cepat yang hanya bisa digunakan untuk soal dengan kondisi tertentu. Jadi mungkin kalian juga perlu pendekatan baru dalam belajar, yaitu cara belajar yang lebih memahami dan menghidupkan nalar, bukan cuman menghafal dan menggunakan cara cepat.

Nah kalian mungkin bertanya, apakah soal HOTS nanti tetap menggunakan pilihan ganda atau juga menggunakan essai? Sebenarnya tipe soal HOTS dapat disajikan dalam beberapa pilihan, yaitu pilihan ganda, mencocokkan, isian singkat dan esai. Namun pada SBMPTN 2019, untuk mempermudah penilaian tentunya hanya akan digunakan jenis soal pilihan ganda. Untuk soal pilihan ganda mungkin akan banyak digunakan stimulus soal yang berupa konteks/fakta dunia nyata. Kemudian pertanyaan dalam soal menuntut kalian berpikir secara kritis, logis, metakognisi, dan kreatif, tidak lagi sekedar ingatan atau pemahaman.

Selain itu setiap soal HOTS hamper selalu diberikan dasar pernyataan berbentuk sumber/bahan bacaan seperti: teks bacaan, paragrap, teks drama, penggalan novel/cerita/dongeng, puisi, kasus, gambar, grafik, foto, rumus, tabel, daftar kata/symbol. Jadi kalian juga perlu latihan untuk banyak memahami/menyimpulkan bacaan panjang maupun fakta yang disajikan dalam tabel/grafik ya guys, sehingga nantinya lebih mudah dalam menjawab soal HOTS.

Itu sih sedikit penjelasan tentang HOTS, pendekatan soal yang akan digunakan di SBMPTN 2019. Agar kalian lebih paham, berikut ini dilampirkan beberapa contoh soal HOTS ya, mungkin bisa kalian coba untuk berlatih menjawabnya. Tetap semangat belajarnya ya guys. Study hard, Pray Hard.

Contoh Soal HOTS :

1.  Pada sebuah kompetisi sepakbola yang diikuti oleh 38 tim, penentuan tim juara adalah berdasarkan perolehan poin terbanyak, dengan ketentuan perolehan poin sebagai berikut:

  • Tim yang menang memperoleh poin 3
  • Jika pertandingan seri, masing-masing tim memperoleh poin 1
  • Tim yang kalah memperoleh poin 0


Tabel berikut memuat posisi sementara 6 tim teratas dari total 38 tim dengan sisa 5 kali pertandingan.

Peringkat

Tim

Poin

1

A

74

2

B

72

3

C

70

4

D

64

5

E

63

6

F

60

 

Setiap tim tersebut akan saling bertemu pada 5 pertandingan sisa. Pernyataan yang tepat berdasarkan data tersebut adalah ....

A. Tim A akan menjadi juara hanya dengan memenangkan 4 kali pertandingan sisa dan salah satunya menang atas tim B.
B. Tim B akan menjadi juara hanya dengan memenangkan 4 kali pertandingan sisa dan salah satunya menang atas tim A.
C. Jika tim C memenangkan semua pertandingan sisa, maka posisi tim B masih mungkin berada di atas tim C.

D. Jika tim B selalu seri pada semua pertandingan sisa, maka tim E tidak mungkin berada di atas tim C.
E. Tim F akan menjadi juara jika memenangkan semua sisa pertandingan dan tim A selalu kalah pada semua sisa pertandingan.

2.  Suatu logam dibiarkan di ruang terbuka dan berkontak dengan udara dan air. Logam ini akan mengalami perubahan secara perlahan. Bentuk fisik logam lama kelamaan berubah dan menjadi rapuh, sehingga mudah dipatahkan. Biasanya akan terbentuk suatu senyawa yang tidak diinginkan. Untuk menghindari hal itu biasanya penggunaan pagar untuk desain eksterior dilapisi dengan cat. Jika logam tersebut adalah besi, senyawa yang tidak diinginkan yang mungkin terbentuk adalah…

a. Fe(OH)2
b. Fe2O

c. Fe2O3.xH2O
d. FeO3
e. FeO2

3.  Serangan hama wereng di daerah pertanian disebabkan habitat wereng berubah menjadi pemukiman atau pertanian. Tanaman yang homogen di daerah pertanian mempercepat pertumbuhan populasi wereng karena tersedia makanan yang melimpah. Penyemprotan pestisida biasanya dilakukan untuk mengurangi populasi wereng, namun setelah lima tahun kembali terjadi serangan hama wereng, padahal penyemprotan rutin pestisida selalu dilakukan. Bagaimana teori seleksi alam Darwin dihubungkan dengan peristiwa tersebut?

a. Sebagian kecil populasi wereng dapat bertahan hidup karena resistensi tinggi
b. Migrasi wereng terus menerus terjadi sepanjang masa
c. Sebagian populasi wereng terisolasi saat penyemprotan pestisida
d. Populasi wereng meningkat drastis selang lima tahun
e. Sebagian wereng bertelur sebelum penyemprotan pestisida berlangsung

4. Akuarium air tawar merupakan suatu ekosistem yang terdiri dari komponen abiotik dan biotik. Ikan ikan yang hidup dalam akuarium harus mendapat oksigen yang cukup untuk melangsungkan hidupnya. Untuk itu kandungan oksigen terlarut dapat bertambah dari

a. Hidrolisis air menjadi hidrogen
b. Tumbuhan air yang ada dalam akuarium
c.  Pemecahan garam garam karbonat  
d. Zooplankton yang hidup didalam akuarium
e. Hasil respirasi ikan di dalam akuarium


Coba tebak jawabannya ya, silahkan dibagikan ke teman temanmu agar lebih banyak yang paham tentang HOTS.