3 Panduan Pilih Jurusan Kuliah



3 Panduan Pilih Jurusan Kuliah

Bagi kamu yang kelas 3, mungkin sudah mempersiapkan mau kuliah dimana dan di kampus mana. Tapi seringkali pilihan yang kamu lakukan tidak dilakukan dengan cara yang tepat. Nah artikel ini akan membahas gimana sih cara kalian untuk memilih Jurusan secara tepat. Check this out yaa !!

Oke, kita akan bahas gimana sih cara memilih jurusan kuliah? Pada dasarnya yang sering terjadi adalah kamu masih suka bingung, dan seringkali memilih jurusan hanya ikutan teman atau arahan dari orangtua. Memilih Jurusan kuliah ini penting banget sih, walaupun banyak kasus kerjaan setelah kuliah ga berkolerasi dengan jurusan yang diambil. Tapi, sedikit banyak akan mempengaruhi perjalanan hidupmu ke depannya. Nah apa aja yang perlu diperhatikan ?

      PIlih Jurusan sesuai dengan Passion

      Seringkali kita ga tahu passion kita apa. Padahal Tuhan itu nyiptain makhluknya unik, tiap orang punya kelebihan dan ketertarikan masing masing pada suatu bidang. Nah jika piingin sukses, salah satu rahasianya adalah kamu harus mengerjakan sesuatu sesuai dengan bidang kamu. Lalu permasalahannya adalah gimana sih kamu menemukan passion atau bahas lebih mudahnya adalah minat bakat.

-          Cari sesuatu yang membuat kamu tertantang dan penasaran. Kamu rela begadang sampai malam dan ga dibayar hanya untuk ngerjain hal tersebut.

-          Cari tahu bidang apa yang ketika kamu ngerjain, kamu senang dan pastinya ada hasilnya.

-          Apa parameter ada hasilnya? Kamu mendapatkan pujian atau reward pada bidang tersebut.                

      Zaman sekarang, sudah bukan zamannya berebut masuk kuliah jurusan favorit. Karena semua bidang punya jalan sukses masing masing dan sukses ga nya seseorang itu kalau dia bisa expert pada bidang yang ditekuninya. Pepatah bilang, do what you love and love what you do. Jadi jangan ragu, ambil jurusan yang ga favorit ya, asalkan sesuai dengan bidang yang kamu cintai.

      Cari Informasi Detail Tentang Jurusan yang Kamu Pilih

Setelah kamu tahu passion kamu apa, list beberapa jurusan yang cocok dengan passion kamu.  Lalu, cari informasi detail tentang jurusan tersebut. Cek informasi mata kuliah apa saja yang dipelajari, susah ga nya buat lulus, lama periode belajar, output lulusan dan prospek kerja. Tujuannya adalah agar kamu tidak salah persepsi terhadap jurusan yang kamu pilih. Karena seringkali kita melihat jurusan sesuai dengan judulnya saja. Misal nih, Jurusan Teknik Kimia. Kamu pasti expect kalua jurusan itu banyak belajar kimia, tapi ternyata kimia hanyalah sebagai dasar saja, mungkin hanya 15-20 %. Selebihnya yang dibutuhkan adalah kemampuan matematika dan fisika.

Ukur Kemampuanmu untuk Menembus Jurusan Impianmu

Setelah kamu mendapatkan informasi detail tentang jurusan yang ada dalam list mu. Buat scenario, kira kira dengan kemampuan akademik kamu apakah bias menembus jurusan yang kamu tuju. Kamu bias mengukurnya dengan melakukan try out secara berkala. Bahkan Jika kamu menyiapkan jauh jauh hari, maka kamu bisa belajar dengan rajin, baik belajar sendiri, berkelompok maupun ikut bimbel. Tujuannya adalah untuk meningkatkan nilai Try Out Kamu.

---------

Jadi guys, itu beberapa cara untuk memilih jurusan. Intinya adalah kamu harus mengutamakan passion.  Karena memilih jurusan ibaratnya memilih bidang yang akan kamu tekuni selama 4 tahun kuliah, bahkan bisa jadi selama hidupmu. Jadi jangan sampai menyesal pilih jurusan. Sekali lagi, Do what you love and love what you do.