INILAH FAKULTAS DAN JURUSAN / PROGRAM STUDI YANG ADA DI ITS SURABAYA, KAMU PILIH YANG MANA?



INILAH FAKULTAS DAN JURUSAN / PROGRAM STUDI YANG ADA DI ITS SURABAYA, KAMU PILIH YANG MANA?

ITS memiliki sembilan bidang ilmu strategis yang menjadi pusat keunggulan bagi pengajaran ilmu pengetahuan, teknologi, dan seni di Indonesia. Berikut adalah Fakultas dan Jurusan yang ada di ITS Surabaya



ITS menjadi perguruan tinggi yang melahirkan penemuan ilmiah fundamental yang menginspirasi lahirnya ilmu baru dan perkembangan teknologi. Di ITS, Anda akan menemukan professor dan dosen yang mendedikasikan diri untuk penelitian yang berdampak terhadap kemanusiaan. Belajar menyusun pola pikir ilmiah dari para pakar untuk menguak rahasia alam semesta.

Teknologi mutakhir dalam berbagai bidang lahir dari induk sains dasar yang meliputi Fisika, Kimia, dan Biologi. Dengan demikian, sains dasar menjadi sesuatu yang tak terpisahkan dalam inovasi di bidang ilmiah.

Belajar sains dasar di ITS, Anda akan dipersiapkan menjadi seseorang yang selalu memiliki rasa ingin tahu terhadap setiap peristiwa alam di sekitar kita melalui pendekatan berpikir logis dan analitis. Para mahasiswa juga diajarkan untuk menyelesaikan masalah dari pendekatan hulu.


Dunia industri di Indonesia saat ini cukup besar dan terus berkembang. Dalam perkembangan tersebut banyak dibutuhkan ahli-ahli yang dapat menyokong pertumbuhan industri. ITS, membangun Fakultas Teknologi Industri yang menghasilkan mahasiswa-mahasiswa yang ahli, peka, serta memahami seluk beluk dunia industri dan dunia teknologi. Jurusan yang dinaungi diantaranya Teknik Mesin, Teknik Kimia, Teknik Fisika, Teknik Industri, Teknik Material.


Listrik memiliki peran penting untuk kehidupan dan kemajuan peradaban. Dalam meningkatkan kebermanfaatan listrik, dibutuhkan pula spesialis serta teknisi yang memahami listrik dan elektron. Karena itulah, ITS membangun Fakultas Teknologi Elektro untuk menghasilkan mahasiswa-mahasiswa dengan kemampuan yang sangat baik dalam memahami dan mengolah listrik serta elektron. Jurusan yang dinaungi oleh Fakultas Elektro adalah Teknik Elektro, Teknik Komputer, Teknik Biomedik.


Perkembangan industri kreatif nasional menciptakan banyak wadah bagi masyarakat terutama generasi muda untuk berkreasi dan mengaplikasikan ilmu yang dimiliki untuk meningkatkan kemampuan diri. Fakultas Arsitektur, Desain, dan Perencanaan mendalami pendekatan ilmu desain dalam merumuskan dan menyelesaikan permasalahan yang ada di sekitar dari skala kecil sampai besar serta mengaplikasikan konsep inovatif untuk memenuhi kebutuhan.


Fakultas Teknik Sipil, Lingkungan dan Kebumian (FTSLK) yang dulunya merupakan bagian dari Fakultas Teknik Sipil dan Perencanaan mempunyai kepakaran dalam berbagai bidang yang menunjang pembangunan strategis nasional berkelanjutan dan berwawasan lingkungan. Fakultas ini secara resmi berdiri tahun 2017 dengan dasar Peraturan Rektor nomer 10 Tahun 2016 tentang Organisasi dan Tata Kerja Institut Teknologi Sepuluh Nopember.

Sesuai dengan target ITS maka FTSLK mempunyai target untuk menjadi wadah dari jurusan yang mempunyai reputasi internasional untuk mewujudkan word class university dan mempunyai kontribusi bagi pembangunan nasional. Untuk reputasi internasional FTSLK bekerjasama dalam bidang akademik dan penelitian dengan berbagai perguruan tinggi luar negeri dan lembaga penelitian internasional. Dalam kontribusi nasional FTSLK bersama dengan jurusan yang ada dibawahnya berperan dalam meningkatkan citra Indonesia dalam membina mahasiswa yang berprestasi dikancah regional dan internasional, menghasilkan lulusan yang mempunyai kompetensi di dalam bidangnya dan menghasilkan berbagai karya yang mempunyai kontribusi terhadap pembangunan skala nasional.


Teknologi Kelautan mempelajari penguasaan, pengembangan, pemanfaatan, dan transformasi IPTEK di bidang kelautan untuk mewujudkan pembangunan kelautan berbasis masyarakat (community-based) dan pemberdayaan masyarakat maritim yang berkelanjutan serta berwawasan lingkungan di kawasan Asia Pasifik. Fakultas Teknologi Kelautan melingkupi Jurusan Teknik Kelautan, Teknik Perkapalan, Sistem Perkapalan, dan Teknik Transportasi Laut.


Fakultas Matematika, Komputasi dan Sains Data mencetak mahasiswa-mahasiswa yang dapat memahami dan mengaplikasikan ilmu hitung dan ilmu data untuk menyelesaikan berbagai permasalahan. Karena, Sejak dahulu kemampuan mengolah data dan angka sangat penting dan dibutuhkan di dunia kerja. Jurusan yang dinaungi oleh Fakultas Matematika, Komputasi dan Sains Data adalah Matematika, Statistika, dan Aktuaria.


Teknologi Informasi berkaitan dengan perancangan dan pengembangan sistem berbasis komputer, yang diimplementasikan pada perangkat keras maupun perangkat lunak. Fakultas Teknologi Informasi dan Komunikasi adalah mencetak ahli dengan kemampuan teknologi komputer yang mendalam dan menguasai penyelesaian masalah teknis yang dibutuhkan, seiring modernitas zaman. Jurusan yang bernaung dalam Fakultas Teknologi Informasi dan Komunikasi adalah Sistem Informasi, Informatika, dan Teknologi Informasi.


Saat ini dunia bisnis di Indonesia semakin berkembang, baik untuk jasa maupun produk. Dalam perkembangannya pastilah diikuti dengan kebutuhan sumber daya masyarakat yang memahami dengan benar pengelolaan bisnis dan manajemen suatu proyek. ITS pun turut andil untuk mencetak mahasiswa-mahasiswa yang mampu menyokong dunia bisnis dan manajemen di Indonesia dengan membangun fakultas Bisnis dan Manajemen. Jurusan yang dinaungi oleh fakultas ini diantaranya Manajemen Bisnis, Manajemen Teknologi, Studi Pembangunan.


Mahasiswa diploma dikenal dengan kemampuannya yang terampil, sigap, dan aktif dalam menjalankan berbagai proyek. Mengetahui hal tersebut, ITS membangun Fakultas Vokasi yang menaungi jurusan-jurusan dengan status mahasiswa berupa Diploma 3 dan Diploma 4. Jurusan tersebut diantaranya Teknik Infrastruktur Sipil, Teknik Mesin Industri, Teknik Instrumentasi, Teknik Elektro Otomasi, Teknik Kimia Industri, Statistika Bisnis.